top of page

Ngontrak Rumah? Mau Sampai Kapan?


Sampai kapan mau terus ngontrak? Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Persentase Rumah Tangga menurut Status Kepemilikan Rumah Kontrak/sewa di Indonesia pada tahun 2017 mencapai 9,52%. Angka ini naik 1% dibanding tahun sebelumnya yakni 8,51%.


Pada dasarnya memang tidak ada orang yang ingin menetap selamanya dirumah kontrakan. ditengah keterbatasan, pasti di lubuk hati yang paling dalam selalu terbesit untuk memiliki rumah sendiri seperti rekan kerja atau kerabat


Meski rumah yang ingin dibeli hanya berukuran sederhana, tapi setidaknya rumah tetap atas nama sendiri, Dan untuk membantu Anda mengatur strategi beli rumah yang mudah dan tepat, simak rangkuman berikut:


1. Kesanggupan


Sebelum membeli sebuah rumah, baik itu KPR maupun cash , ada baiknya kalian mengukur kesanggupan atau kemampuan keuangan kalian. memang disaat ini lah kalian harus mengencangkan ikat pinggang dan mengorbankan keiinginan agar mendapatkan rumah impian.


Sebagai referensi, kalian harus mengetahui bahwa besaran cicilan KPR jika ingin cepat di approve adalah sepertiga dari total pendapatan. kalian bisa mengatur dengan rumus dibawah ini


30% – 40% untuk biaya hidup bulanan.

20% untuk tabungan dan investasi sesuai tujuan finansial.

10% untuk dana darurat.


Maksimal 30% apabila masih ada cicilan pinjaman. Bilamana ada, maka alokasi untuk pos pengeluaran lain akan berkurang.

Maka dari ini disarankan kalian untuk menghitung kesanggupan atau kemapuan sebelum membeli rumah idaman


2. Property yang diinginkan


Jangan terpaku pada suatu tempat atau lokasi. cari sebanyak mungkin perumahan baru, hal ini berguna untuk kalian mencari perbandingan harga.


3. Informasi


Pastikan kalian sudah mendapatkan berbagai informasi yang ingin dibeli, seperti status tanah dan bangunan, status kepemilikan, fasilitas yang tersedia serta harga yang ditawarkan.

Hal ini berguna agar kalian tidak terjebak dikemudian hari, karena tujuan utama kalian membeli rumah adalah untuk di tinggali, beda jika kalian membeli rumah untuk investasi.


4. Harga Pasar


Kumpulkan dan bandingkan harga-harga rumah yang berlaku saat ini, di wilayah tersebut dengan jenis rumah yang sama. Dengan mempelajari pasaran harga, akan ditemukan harga yang terbilang wajar dan tidak mahal. Seperti misalnya dengan rutin mengecek



Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page