top of page

Miliki Rumah Idaman Dalam Waktu 7 Hari Saja!

Menurut riset orang Indonesia membutuhkan waktu sekitar tujuh hingga sembilan untuk memutuskan membeli rumah. Ini karena rumah merupakan salah satu keputusan penting dalam hidup sehingga membutuhkan waktu cukup lama untuk memutuskan.


Dan yang paling dipercaya oleh masyarakat Indonesia dalam pengambilan keputusan soal rumah adalah teman dan keluarga. Lalu, mungkinkah memiliki rumah lebih cepat? Tentu saja bisa, bahkan lebih cepat, asal tahu cara yang efektif. Ini langkahnya.


Hari Pertama: Temukan rumah yang akan dibeli


Sudah bukan jamannya lagi cari rumah dengan membolak-balik halaman koran atau berkeliling di lokasi yang Anda incar. Semua Dapat di akses secara online, banyak situs-situs portal pencarian rumah idaman seperti rumah.com atau rumah123.com dan juga melalui media social seperti instagram dan facebook

.

Hari Kedua: Lakukan diskusi


Setelah menemukan pilihan perumahan baru, diskusikan dengan keluarga, pasangan atau teman Anda. Pertimbangkan bahwa membeli rumah adalah menyiapkan masa depan untuk keluarga. Anda harus mengetahui kondisi jalan, keamanan, hingga sekolah-sekolah favorit yang akan menjadi tempat pendidikan anak di masa depan. Tanyakan pula pengalaman teman yang tinggal dekat atau sama dengan lokasi yang Anda incar. Dari mereka, Anda akan mengetahui kelemahan dan kelebihan tinggal di area tersebut, misalnya banjir, macet, atau pilihan perumahan lain.


Hari Ketiga: Survei lokasi


Dengan Review Properti, seperti yang Anda temukan pada situs online tadi, Anda dapat menghemat waktu dan energi. Karena review ini menampilkan foto kondisi jalan, video virtual hingga video 360 derajat unit perumahan, Anda hanya melakukan survey pada rumah yang telah Anda pilih dengan mantap.


Hari Keempat: Membayar tanda jadi


Setelah menemukan rumah pilihan, lanjutkan dengan pembayaran tanda jadi. Tanda jadi ini seperti tanda booking yang merupakan bukti pemesanan supaya rumah yang Anda inginkan tidak dibeli orang lain. Atau agar Anda tidak mendapat harga baru yang lebih tinggi. Umumnya setiap developer memiliki aturan yang berbeda-beda terkait tanda jadi ini. Ada yang membebaskan tanpa batas waktu, ada yang mengharuskan bayar uang muka setelah beberapa waktu, namun ada pula developer yang menganggap hangus tanda jadi bila tidak jadi membeli.


Hari Kelima: Membayar uang muka


Anda mungkin melakukan proses ini di hari keempat, setelah membayar tanda jadi. Bahkan sebagian developer menyatakan bahwa tanda jadi merupakan bagian uang muka.

Uang muka adalah pembayaran pertama yang Anda lakukan ke developer. Saat ini pemerintah telah mengeluarkan aturan bahwa besaran uang muka yang harus Anda sedikan untuk rumah pertama adalah 15% saja dari harga total rumah.

Setelah pembayaran uang muka, Anda sebenarnya telah berhak memiliki rumah pilihan tersebut. Sisanya? Anda dapat lunasi melalui cicilan Kredit Pembiayaan Rumah alias KPR.


Langkah keenam: Mengajukan KPR ke pihak bank


Setelah melunasi uang muka, maka Anda tinggal mengajukan kredit KPR ke Bank. Pada proses ini umumnya developer akan membantu Anda mengurus pengajuan ke bank yang sudah menjadi partnernya. Tetapi bila Anda memilih Bank yang bukan partner developer maka Anda terpaksa harus mengurusnya sendiri. Beberapa persyaratan KPR yang harus Anda lengkapi antara lain fotokopi rekening koran semua tabungan, surat keterangan bekerja (sebagai karyawan tetap minimal 2 tahun), slip gaji 3 bulan terakhir, fotokopi KTP, KK, dan juga Surat Nikah. Waktu pengajuan KPR sendiri umumnya sekitar 1 bulan. Dalam masa ini pihak Bank akan melakukan survei yang meliputi pantauan ke tempat Anda bekerja, pengecekan ke BI (Bank Indonesia) untuk memastikan Anda dan istri Anda (jika sudah berkeluarga) tidak termasuk dalam blacklist, terkait catatan kredit yang mungkin pernah dilakukan sebelumnya dan juga proses wawancara terkait kondisi keuangan Anda.


Satu hal yang perlu diperhatikan dalam proses pengajuan ini adalah kemampuan finansial Anda di mata bank. Umumnya bank akan mensyaratkan cicilan maksimal adalah 30% gaji. Sebagian bank mengijinkan jumlah prosentase dari penggabungan penghasilan Anda dengan istri.


Langkah ketujuh: Siapkan dana tambahan


Setelah memutuskan membeli rumah, alokasikan biaya tambahan diluar harga beli rumah. Biaya tambahan ini biasanya meliputi Ppn, biaya KPR, biaya peningkatan BPHTB dan sebagainya.


Tertarik membeli rumah dengan hanya 25jt All In Tanpa Biaya Tambahan?



Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page