top of page

TINGGALKAN RUMAH KOSONG SAAT MUDIK LEBARAN TANPA KHAWATIR, SIMAK TIPS NYA!


Lebaran tidak lama lagi akan segera tiba. Momen ini dimanfaatkan oleh sebagian besar masyarakat terutama yang tinggal dan mencari penghidupan di kota-kota besar untuk mudik ke tempat asal. mudik menjadi salah satu rutinitas menyenangkan yang dilakukan menjelang lebaran oleh masyarakat muslim di Indonesia setiap tahunnya. Setelah sebulan berpuasa, rasanya sungguh nikmat dapat meluangkan waktu untuk berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga dan sanak-saudara di kampung halaman, terutama bagi mereka yang tinggal di provinsi, pulau.

Meninggalkan rumah dalam keadaan kosong tanpa penghuni akan menimbulkan rasa khawatir, seperti: takut rumah akan dimasuki tamu tidak diundang atau pencuri, maupun terjadinya hal-hal lainnya yang tidak di inginkan, seperti: kebakaran. Mudik adalah tradisi masyarakat Indonesia yang seringkali dimanfaatkan oleh pelaku pencurian untuk menguras harta benda para pemudik. Tamu tak diundang yang tak pernah diharapkan


kehadirannya ini biasanya mengincar rumah-rumah kosong yang ditinggalkan oleh penghuninya untuk pulang kampung, mudik lebaran.

Beritahu kepada Ketua RT atau RW dan satpam sekitar lingkungan perumahan bahwa Anda sekeluarga akan mudik dan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Sehingga jika ada sesuatu yang janggal atau ada orang yang mencurigakan berada di sekitar rumah Anda, mereka dapat segera bertindak, karena sudah tahu bahwa Anda dan keluarga sedang mudik. Setidaknya satpam di lingkungan perumahan dapat membantu mengawasi rumah Anda


Simak beberapa TOBI Tips beriku ini:

1. Periksa dan kunci semua pintu , jendela maupun pagar rumah

Sebelum meninggalkan rumah pastikan semua pintu dan jendela dalam keadaan terkunci. Bila perlu pasang pengamanan rangkap pada bagian yang sering menjadi incaran penjahat seperti lemari, kamar tidur dan pintu bagian belakang. Jangan meninggalkan kunci penting seperti kunci motor, mobil dan lemari di rumah. Selain itu, hindari kebiasaan meletakkan kunci cadangan dibawah pot, dibawah keset, karpet atau ditempat lain yang mudah dijangkau oleh penjahat. Pada pintu bagian depan, usahakan tidak menggunakan gembok yang mencolok. Gembok yang terlihat dari luar akan menarik perhatian penjahat, karena pintu yang tergembok menandakan rumah dalam keadaan kosong.

2. Cabut aliran gas, air dan juga listrik

Selain pencurian, kebakaran rumah merupakan salah satu kejadian yang sering terjadi saat rumah ditinggal mudik. Jadi matikan semua aliran listrik alat-alat elektronik, seperti: komputer, televisi, radio, pompa air, dispenser, AC dan alat elektronik lainnya yang dapat menimbulkan korsleting yang menjadi salah satu pemicu kebakaran. Jika mudik cukup lama, misalnya saja 2 minggu, sebaiknya kosongkan isi lemari es, kemudian matikan aliran listriknya. Selain dapat menghemat uang, juga tidak akan menimbulkan bau setelah lama tidak digunakan, serta menghilangkan kekhawatiran. Cabut juga regulator tabung gas, karena meskipun tidak dipakai gas akan tetap mengalir ke selang regulator yang terpasang pada tabung. Sebelum pergi pastikan saluran utama air anda dan keran tidak mengalir. Selain untuk menghindari tagihan yang membengkak, juga untuk menghindari terjadinya kebocoran.


3. Mengamankan barang-barang berharga

Simpan barang-barang berharga seperti surat-surat penting, uang dan perhiasan ditempat yang paling aman. Jika membutuhkan keamanan lebih, bisa memanfaatkan layanan penitipan barang yang disediakan oleh Bank dan Pegadaian terdekat. Untuk kendaraan, bisa memanfaatkan layanan penitipan kendaraan yang disediakan oleh kepolisian setempat.

4. Pasang CCTV

Bila diperlukan, pasang alarm keamanan dan kamera pengintai dibeberapa titik rawan kejahatan dirumah seperti halaman, ruang tamu dan kamar tidur. Dengan adanya CCTV, Anda dapat dengan mudah mengawasi rumah dari jauh dengan cara menghubungkan CCTV dengan smartphone. Meskipun tidak terkoneksi langsung dengan internet, maka setidaknya hal-hal yang tidak diinginkan akan terekam dan tersimpan dalam memory CCTV.


5. Hindari hal-hal yang dapat menunjukkan rumah sedang dalam keadaan kosong

Misal, pertama jika berlangganan koran atau majalah, mintalah agar tidak dikirim selama mudik lebaran. Selain mubazir tidak ada yang membaca, koran atau majalah yang menumpuk menandakan rumah dalam keadaan kosong. Hindari mengundang perhatian para pencuri dengan menunjukkan bahwa rumah Anda sedang dalam keadaan kosong. Kegiatan di sebuah rumah akan terlihat dari ada tidaknya lampu yang menyala di teras atau halaman. Maka agar rumah aman saat ditinggal mudik, ketika Anda pergi jangan sampai suasana rumah terlihat sepi. Tetaplah membuat suasana rumah seperti saat Anda ada di rumah. Namun menghidupkan semua lampu rumah dan membiarkannya tetap menyala di siang hari akan membuat orang lain mengetahui bahwa rumah Anda sedang kosong


Jika ingin menyalakan lampu di malam hari, sebaiknya gunakan lampu LED dengan sensor cahaya yang menyala otomatis saat malam hari. Aturlah agar lampu menyala di malam hari dan mati di siang hari. Menyalakan lampu interior untuk beberapa jam setiap malam dan pasang lampu yang dapat diatur jam kerjanya. Selain itu, letakkanlah beberapa sepatu di depan pintu rumah untuk menunjukkan seolah-olah ada orang didalam rumah.


Tertarik dengan Rumah berkonsep Aman, Nyaman Dan Modern?




Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page