top of page

MARI SAMBUT RAMADHAN DENGAN RUMAH YANG NYAMAN


Tidak terasa ya sahabat TOBI tidak lama lagi kita akan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1438 Hijriyah. Apakah Anda sudah mempersiapkan menu buka puasa? Kebersihan rumah dan tampilan interior rumah anda saat ramadhan nanti?


1. Kebersihan sebagian dari iman

Bulan puasa telah tiba, bagi umat muslim, ini saatnya melakukan penataan rumah, membersihkan, sekaligus merapikan rumah. Mengingat aktifitas di bulan puasa nantinya akan sedikit terbatas, tak ada salahnya kegiatan bersih – bersih rumah ini dilakukan secara menyeluruh, mulai dari dapur, kamar mandi, halaman rumah, teras, dan ruangan – ruangan lain dalam rumah pada 1 hingga 3 hari menjelang ramadhan, sehingga nantinya tatkala bulan puasa tiba, rumah sudah dalam keadaan bersih.

Dengan membersihkan rumah dan merapikannya, niscaya kita akan lebih siap dalam menyongsong ramadhan dengan kondisi rumah yang bersih, sehingga dapat membuat hati dan pikiran lebih jernih.

Mulailah mencicil dengan cara membersihkan bagian demi bagian rumah. Anda bisa memulai dari ruang tamu dan ruang keluarga, atau dapur terlebih dahulu. Utamakan ruang-ruang yang akan diakses oleh tamu. Ganti sofa yang sudah tidak layak pakai, atau ganti pelapisnya. Pelitur perabot kayu, rawat dengan pemoles instan. Untuk barang-barang kecil seperti sendok-garpu, piring, dan gelas juga bisa mulai Anda beli saat ini. Jangan lupa, menambah barang berarti membutuhkan tempat penyimpanan lebih. Jangan sampai melupakan tempat penyimpanan barang-barang tersebut. Selain sofa, furnitur, dan alat-alat makan, pastikan juga Anda menyediakan alat memasak yang cukup


2. Menyiapkan menu selama bulan puasa

Bersama anak mulailah menyusun jadwal menu sepanjang bulan suci ramadhan berikut resep dan cara penyediaannya. Bahan-bahan yang tahan lama bolehlah disiapkan dari sekarang. Jika ada rencana mau membuat kue-kue lebaran sendiri rancang dari sekarang bagaimana cara mengatur waktunya sehingga tidak terlalu menyita waktu ibadah kita. Jika Anda akan menyambut tamu di rumah dengan masakan, tentu Anda menginginkan tampilan masakan yang cantik dan menyenangkan. Persiapan keempat, mulailah menyetok kue kering, sirup, dan bahan-bahan yang tidak akan basi sampai Hari Raya. Menyetok jauh-jauh hari dapat menghindarkan Anda dari padatnya pusat perbelanjaan mendekati Hari-H.


3. Edukasi Ramadhan Anak


Mulailah melalui cerita-cerita menjelang tidur atau disaat senggang. Minta anak bercerita

tentang kenangan mereka di bulan puasa yang lalu. Tentang harapan-harapannya (target ibadah) yang tercapai dan yang gagal terlaksana. Begitu juga dengan target ibadah yang akan dicapai pada bulan puasa mendatang. Misalnya berapa kali khatam Qur’an, shalat tarawih, rencana i’tiqaf dan lain-lain. Tulis dan buat agenda khusus untuk ini. Ini dimaksudkan agar anak mulai bersedia menyambut bulan suci ini dengan mulai membuka atau menambah wawasan dan persepsi anak tentang bulan ramadhan dan keutamaan ibadah-ibadah di dalamnya. Ajak anak-anak membaca buku-buku yang berkaitan dengan bulan puasa ini. Bersama anak-anak kita membuka kembali kitab fikih yang menguraikan tentang puasa dan zakat.


4. Menyiapkan Fisik


Fisik dan materi sangat menopang ibadah di bulan Ramadhan yang dilakukan seorang Muslim. Seorang Muslim tidak akan maksimal dalam berpuasa jika fisiknya lemah. Oleh sebab itu kita dituntut untuk menjaga kesehatan fisik, kebersihan diri sendiri, rumah, dan bahkan lingkungan kita. Menjaga kesehatan adalah bagian dari ajaran agama


Ibaratnya ingin menyambut tamu yang sangat istimewa, seisi rumah haruslah dalam keadaan yang juga istimewa. Mintalah ke seluruh keluarga untuk memperhatikan kesehatan mereka dengan salah satunya lebih banyak mengkomsumsi makanan sehat dan bergizi. Mulailah melatih anak-anak berpuasa dengan berpuasa sunnah. Tingkatkan jadwal tadarrus Al-Qur’an dan biasakan anak bangun lebih awal (sejam atau setengah jam sebelum shubuh) dengan mengajaknya sholat lail bersama. Agar semua rencana yang diinginkan tercapai secara optimal, mintalah seluruh keluarga agar memperhatikan persiapan fisik ini dengan baik. Jangan lupa berdoa, tentunya.


Tertarik dengan rumah bergaya minimalis modern cukup 5jt!



Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page